Cara Mengatasi Crash Pada Game PC

Cara Mengatasi Crash pada Game PC

Crash game alias keluar secara tiba-tiba menjadi momok bagi para gamer PC. Kejadian ini bisa sangat menjengkelkan, apalagi saat sedang asyik-asyiknya bermain. Tapi tenang aja, bro. Ada beberapa cara untuk mengatasi crash pada game PC yang bisa lo coba.

1. Pastikan Driver VGA Up to Date

Driver VGA berperan penting dalam menampilkan grafis game. Driver yang sudah usang atau corrupt bisa menyebabkan crash, apalagi untuk game-game yang butuh spek tinggi. Selalu pastikan driver VGA lo dalam kondisi terbaru. Lo bisa download driver terbaru dari situs resmi vendor VGA lo.

2. Optimalkan Pengaturan Grafis

Pengaturan grafis yang terlalu tinggi bisa bikin game lo crash, apalagi kalau spesifikasi PC lo pas-pasan. Cobalah optimalkan pengaturan grafis dengan menurunkan kualitas tekstur, resolusi, dan efek-efek lainnya. Lo juga bisa menggunakan fitur optimasi otomatis yang biasanya tersedia di dalam game.

3. Hapus Cache Game

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh game untuk mempercepat loading. Namun, terkadang cache yang terlalu menumpuk bisa bikin game crash. Hapus cache game lo secara berkala untuk menghindari masalah ini. Caranya bisa lewat pengaturan game atau dengan menghapus folder cache secara manual.

4. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Saat bermain game, sebaiknya lo nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Aplikasi seperti antivirus, browser, atau aplikasi chat bisa menghabiskan sumber daya dan menyebabkan crash. Tutup saja aplikasi-aplikasi tersebut sementara lo bermain game.

5. Periksa Temperatur Komponen PC

Crash game juga bisa disebabkan oleh suhu komponen PC yang terlalu tinggi. Coba periksa temperatur VGA dan CPU lo menggunakan software monitoring seperti HWMonitor. Kalau suhu sudah di atas 80 derajat Celcius, berarti ada yang nggak beres dengan cooling system PC lo. Bersihkan debu atau tambah kipas untuk menurunkan suhu.

6. Reinstall Game

Kalau cara-cara di atas nggak berhasil, lo bisa coba reinstall game. Kemungkinan ada file game yang corrupt atau rusak sehingga menyebabkan crash. Reinstall game akan mengembalikan file-file game ke kondisi semula.

7. Update Windows dan DirectX

Windows dan DirectX adalah perangkat lunak sistem yang penting untuk menjalankan game PC. Pastikan Windows dan DirectX lo selalu dalam kondisi terbaru. Update terbaru biasanya membawa perbaikan bug dan peningkatan performa yang bisa mengatasi masalah crash.

8. Gunakan Clean Boot

Clean boot adalah kondisi di mana Windows hanya menjalankan proses-proses penting saja. Modus ini bisa membantu lo mengidentifikasi aplikasi atau service yang menyebabkan crash game. Untuk masuk Clean Boot, ketik "msconfig" di kotak Search Windows, lalu pilih tab "Services" dan "Startup". Disable semua layanan dan aplikasi yang tidak diperlukan, lalu restart PC lo.

Tips Tambahan Gaul:

  • Install ulang Microsoft Visual C++ Redistributables.
  • Jalankan game sebagai administrator.
  • Verifikasi integritas file game (Steam: Properties > Local Files > Verify Integrity of Game Files).
  • Update BIOS motherboard lo.
  • Kontak dukungan teknis game atau vendor VGA lo.

Cobalah beberapa cara di atas untuk mengatasi crash pada game PC lo. Kalau masih belum berhasil, mungkin ada masalah hardware yang lebih serius. Dalam hal ini, disarankan untuk membawanya ke teknisi untuk diperiksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *